Ternak Ayam Kampung Jawa


Panduan Teknik Beternak Memelihara Ternak Ayam Kampung Jawa SuperPanduan Teknik Beternak Memelihara Ternak Ayam Kampung Jawa SuperPanduan Teknik Beternak Memelihara Ternak Ayam Kampung Jawa SuperPanduan Teknik Beternak Memelihara Ternak Ayam Kampung Jawa SuperPanduan Teknik Beternak Memelihara Ternak Ayam Kampung Jawa SuperPanduan Teknik Beternak Memelihara Ternak Ayam Kampung Jawa Super

Ayam Jawa Super atau yang biasa disebut dengan istilah Ayam JOPER sudah sangat familiar di telinga kita, utamanya para pebisnis di ranah ayam buras. Telah diketahui bersama bahwa Ayam Jawa Super merupakan hasil persilangan ayam jawa atau ayam kampung yang memiliki kualitas genetik tinggi dan telah mengalamai pemuliabiakan sehingga performa pertumbuhannya lebih baik dari ayam jawa kebanyakan. Entah kenapa kebanyakan dari kita lebih sering menyebutnya dengan Ayam Jawa Super,atau mungkin karena orang jawa sangat sering menamakan sesuatu hal yang berada di jawa dengan akhiran kata “jawa”, seperti gula jawa,ayam jawa,bebek jawa,dan sesuatu hal lain yang berada di pulau jawa.

Pada tulisan kali ini kami akan membahas mengenai kunci sukses dalam beternak ayam jawa super. Telah banyak pengunjung yang meminta kepada kami untuk menampilkan artikel yang membahas mengenai analisa usaha ternak ayam jawa super, semoga artikel kali ini dapat memuaskan para pecinta ternak ayam jawa super indonesia. Dewasa ini Ayam Jawa Super menjadi peluang usaha baru yang sangat menggiurkan, karena permintaan daging ayam kampung meningkat secara signifikan. Akan tetapi dalam kenyataanya budidaya ternak ayam jawa menemui berbagai kendala,utamanya yaitu pertumbuhan yang cenderung lambat dan bobot yang tidak maksimal. Dengan berbagai teknologi ternak terbaru, kini hadir ayam jawa super yang secara nyata mampu memperpendek masa pemeliharaan panen,yaitu hanya 55-60hari.

Waktu panen yang relatif cepat pada ayam jawa super memberikan keuntungan yang cukup tinggi diantaranya tingkat kematian yang relatif kecil, penghematan biaya pemeliharaan dan pakan. Ayam Jawa super merupakan hasil persilangan terbaru yang melibatkan teknologi pemuliabiakan ternak terbaru sehingga didapatkan pertumbuhan yang cepat dan memiliki karakteristik daging dan bentuk ayam jawa.

Harga jual ayam jawa super lebih tinggi dibandingkan dengan ayam Ras, harga berkisar antara 19rb-23rb menurut riset pasar selama tahun 2010-2012. Penentu harga ayam kampung tetap mengikuti kaidah hukum ekonomi yaitu keadaan pasar, penawaran dan permintaan.

Tehnik Pemeliharaan ayam Jawa Super relatif mudah dan simpel, kandang yang dibutuhkan tidaklah harus dibuat dengan biaya tinggi. Prinsipnya yaitu kandang kering, alas tidak basah dan lembab,sirkulasi cukup dan usahakan kandang dengan tipe postal/lantai semen. Cocok untuk usaha sampingan yang memiliki pekerjaan utama yang lain, pemberian pakan pagi dan sore disesuaikan sesuai kebutuhan. Vitamin, obat-obatan, dan vaksinasi juga perlu untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan mencegah penyakit.

Teknik Pemeliharaan awal DOC ayam kampung super

DOC ayam kampung merupakan istilah umum yang biasa dipakai untuk anak ayam umur sehari. Fase awal pemeliharaan ayam kampung super dimulai semenjak hari pertama hingga seminggu, pada masa ini sering terjadi berbagai masalah yang cukup serius dan krusial jika tidak kita cermati dengan baik, oleh karena itu peternak biasa menyebutnya dengan fase kritis I. Efek yang ditimbulkan akibat kegagalan pemeliharaan ayam kampung super pada fase awal ini antara lain, kegagalan mencapai bobot standar, kematian tinggi akibat terjadi serangan penyakit viral(yang diakibatkan oleh virus), dan yang terpenting yaitu tidak mampu secara maksimal melewati fase berikutnya.

Induk buatan atau yang biasa kita sebut dengan box doc merupakan suatu teknik pemeliharaan awal doc ayam kampung yang bertujuan untuk meminimalkan terjadinya berbagai masalah di fase awal ini. Box dirancang khusus bertujuan untuk membuat ruang disekitarnya hangat,kering dan cukup sirkulasi layaknya induk ayam kampung yang sebenarnya, sehingga diharapkan doc ayam kampung tidak terpapar suhu dingin dan kelembapan yang berlebihan akibat lingkungan sekitar. Suhu awal yang diperlukan berkisar antara 35-38 derajat celcius tergantung lingkungan masing-masing,serta yang paling penting untuk diperhatikan adalah respon doc ayam kampung setelah masuk dalam box tersebut. Jika suhu di dalam masih terlalu dingin maka doc akan mengumpul di dekat sumber penghangat dan biasanya terjadi aksi penumpukan doc yang biasanya mengakibatkan kematian yang cukup tinggi.

Spesifikasi teknis box penghangat doc ayam kampung ini bisa bervariasi menurut kebutuhan masing-masing peternak, idealnya mempunyai dimensi panjang 1m dengan lebar 1m serta tinggi 50 cm. Box bisa dibuat bertingkat dengan pintu berada didepan atau diatas, bahan disarankan menggunakan triplek dengan ketebalan min 3mm beralaskan anyaman triplek/bambu/kawat strimin yang kemudian dialasi dengan koran dan ditambahkan sekam padi. Semua aturan ini tidak mengikat dan semuanya disesuaikan dengan kondisi masing-masing lingkungan,prinsipnya yaitu mendapatkan suhu yang ideal,sirkulasi cukup dan mendapat penanganan intensif sehingga tercapai keberhasilan dalam melewati fase kritis ini.

Berdasarkan pengalaman petenak kami di jogja, frekuensi pengecekan box doc secara berkala mempunyai arti penting dalam keberhasilan melewati fase-fase kritis tersebut. Secara berkala keadaan box doc tiap 3 jam sekali dilakukan pengecekan,meliputi keadaan doc ayam kampungnya,pakan,tempat minum,kelembabapan dan adanya perubahan tingkah laku doc ayam kampung. Untuk penjelasan lebih lanjut dan detil bisa menghubungi tim kami dan juga langsung datang ke kandang-kandang mitra kami di yogyakarta.


Analisa Usaha Ternak Ayam Jawa Super

Berikut analisa usaha ternak Ayam Jawa Super per 500 ekor, rekomendasi pemeliharaan min 500 ekor karena tenaga yang digunakan untuk memelihara 100 dan 500 ekor tidak jauh berbeda,jadi alangkah lebih baik langsung 500 ekor agar untung juga bisa lebih terasa.

A. Biaya Operasional
No Keterangan Harga Satuan Jumlah Unit Jumlah
1 Pembelian bibit Ayam Jawa super Rp. 4.200 500 ekor Rp. 2.100.000
2 Pakan Rp. 255.000 20 Sak Rp. 5.100.000
3 Vitamin dan Vaksin Rp. 150.000
Rp. 150.000






Jumlah

Rp 7.350.000,-B. Hasil Angka kematian standar berkisar antara 5-10%, ambil saja 20 ekor mengalami kematian, maka pada saat panen jumlahnya 480 ekor dengan berat rata-rata 0,9kg atau 9 ons. Harga ayam terendah adalah Rp 19.000,-/kg (biasanya karena dampak permintaan turun, tahun 2011 terjadi di bulan januari-maret). Fluktuasi harga antara Rp 19.000,- s.d Rp. 25.000,- per kilogram (kg).
No Keterangan Harga Jumlah Kilo Jumlah Uang
1 Penjualan Ayam Rp 20.000/kg 0.95kg x 480 = 456 kg 9.120.000






Jumlah

Rp 9.120.000,-
Keuntungan = Pemasukan-Pengeluaran

= Rp 9.120.000-Rp.7.350.000

= Rp. 1.770.000
Data yang kami berikan berdasarkan harga pasar terbaru dan terupdate bulan ini (Januari 2011) di kota Yogyakarta, di tempat lain disesuaikan. Demikian beberapa gambaran mengenai prospek usaha ternak ayam jawa super, semoga dapat bermanfaat dan salam sukses untuk kita semua.

sumber : http://teknikpanduanbeternakpakanpeternakan.blogspot.com/2012/02/panduan-teknik-beternak-memelihara.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara promosi di blog gratis di agugus.com

Kumpulan Gambar Perlengkapan PMR

bisnis online baru modal 10rb potensi jutaan