Cara Mencari Kerja dengan cepat dengan memanfaatkan internet

Kita bisa mendapatkan informasi dengan cepat di internet, begitu juga internet bisa dimanfaatkan untuk mencari kerjaan dengan cepat. jadi manfaatkan internet untuk mendapatkan informasi atau pengumuman lowongan kerja sebanyak-banyaknya anda pilih lamar dan mudah-mudah-mudahan cepat mendpatkan pekerjaan.

Mencari informasi pekerjaan di internet ini juga ada tipsnya agar tidak ketinggalan batas paling lambat pengiriman berkas lamaran.

Berikut ulasan Cara Mencari Kerja dengan cepat dengan memanfatkan internet, semoga bermanfaat

1. Follow blog-blog yang update lowongan pekerjaan terbaru, caranya jika anda facebook anda jadi followernya jadi setiap ada loker terbaru anda bisa mengikutinya dan jika tertarik anda bisa melamarnya.

2. Bergabung diforum-forum pencari kerja, banyak saya temukan forum-forum di facebook saya sendiri mengikuti banyak grup loker untuk mendapatkan berita pengumuman informasi lowongan kerja terbaru, orang-orang yang berbaik hati akan berbagi lowongan kerja, biasanya dasri foto handphone lalu di pos digrup facebook

3.  Perhatikan dengan cermat dan seksama, jika ada loker yang tidak mencatumkan alamat, abaikan saja, biasanya dengan format ketik sms, saya rasa anda bisa menilai mana loker yang terpercaya dan tidak terpercaya.

4. Jika inginnya kerja didaerah, filter saja akses internet lokalan, misalnya saya tinggal di pemalang, maka saya akan berlanggan informasi loker yang hanya dipemalang saja, kalau anda berkunjung ke blog http://carikerja-aan.blogspot.co.id/ anda pilih label atau kategori pemalang, maka semua pengumuman untuk penempatan pemalang.

Selain itu berikut ini juga ada tips tambahan, semoga bisa menambah pemahaman bagaimana mencari kerja dengan cepat memamnfaatkan internet

Berikut ini saya jabarkan 5 tips dapat pekerjaan dengan cepat, yang sebagian saya kutip dari liputan6.com :

1. Tetap Semangat, Optimis, dan Jangan Frustasi
Nah, tetap yang pertama adalah kita harus semangat dan optimis! Dengan semangat dan sikap optimis yang tinggi maka secara tidak sadar kita memberi sugesti positif terhadap diri kita sendiri.

Sikap positif inilah yang akan mempengaruhi lingkungan sekitar kita. Pernah dengar istilah “mestakung” ? Ya, istilah yang dipopulerkan oleh bapak Johanes Surya ini sangat cocok untuk ini.

Mestakung atau semesta mendukung, gampangnya “the power of kepepet”. Dengan sikap semangat dan optimis maka entah mengapa seakan-akan semua yang ada disekitar kita sangat mendukung untuk kita maju. Ada saja jalan yang Tuhan berikan untuk mempermudah urusan kita.

Artikel Terkait : Instagram vs Facebook, Bagus Mana untuk Jualan?

Tidak percaya? Coba saja, mulai sekarang hilangkan pikiran negatif, pesimis, dan selalu mudah menyerah!

2. Fokus pada Target yang Ingin Dicapai
Fokus! Ya fokus itu sangat penting! Kita tidak bisa menengok ke kanan sambil menengok ke kiri.

Jadi, tetapkan tujuan yang ingin dicapai dan fokus untuk mencapainya. Dalam konteks ini kita harus berkomunikasi dengan diri sendiri tentang pekerjaan apa yang sekiranya cocok dengan kita.

Cocok disini kalau bisa cocok segala hal, mulai dari suasana kerja, lokasi, dan tentunya besaran gaji yang akan diterima. Fokuslah 1 saja, bukan berarti tidak boleh lebih dari 1. Tapi, jika terlalu banyak target malah jadi tidak fokus!

3. Buat Planning (Rencana)
Membuat rencana ini sangat penting, bagi orang yang sedang mencari kerja baik yang baru dipecat atau rencana mau resign. Jika ingin sukses maka buatlah rencana.

Dalam konteks ini, buatlah rencana bagaimana supaya bisa diterima kerja ditempat yang kita inginkan? Siapkan segalanya mulai dari CV, resume, Cover Letter, hingga belajar kira-kira pertanyaan wawancara apa yang akan diberikan oleh perusahaan.

Dan tentunya, sebelum memasukkan surat lamaran kerja pastikan kita sudah meriset dulu perusahaan yang akan kita apply.

4. Bangunlah Kredibilitas (Image Positif)
Saat wawancara sangat penting untuk menjaga image kita. Saat wawancara jangan sampai kita terlihat ragu dan lemah, tapi juga jangan sampai kita terlihat sombong dan angkuh.

Ceritakan hal-hal positif yang ingin perusahaan dengar. Misal, jika kamu menganggur selama 2 tahun, untuk apa waktu nganggur itu kamu habiskan? Apakah kamu melakukan hal-hal yang positif? Kalau iya ceritakan itu! Itu bisa menjadi hal positif untuk kamu.

5. Bangun Relasi (Networking)
Relasi ini sangatlah penting. Saya sendiri mendapatkan pekerjaan pertama saya karena relasi. Tanpa melamar, tapi karena relasi saya cukup kuat maka pencari bakat perusahaan datang sendiri ke saya.

Bangunlah relasi positif, jangan pernah menyakiti perasaan orang lain. Misal, jika Anda sering mendapatkan kerjaan sampingan atau freelancer ya kerjakan dengan maksimal.

Jika kita asal-asal buatnya maka bisa dipastikan mata rantai relasi kita akan terputus disana. Dan hasilnya apa? Kita akan sangat sulit untuk mencari pekerjaan di masa depan.

Berikut ini beberapa tips melamar kerja agar cepat diterima :

1. Masukkan Lamaran Kerja di Tempat Yang Sesuai Bidang Keahlian
Dalam melamar kerja kita tidak boleh main-main, kita harus melamar kerja di tempat yang sesuai dengan bidang keahlian kita.

Ingat, bidang keahlian jadi apapun jurusannya tidak masalah asalkan bidang keahliannya Anda kuasai. Sebagai contoh saya, meskipun saya kuliah di matematika tetapi saya kerja sesuai bidang keahlian saya yaitu sebagai UI-UX Designer (Desainer Aplikasi Mobile/Website).

Jadi, jangan gunakan prinsip “siapa tahu nyangkut”, Anda harus totalitas saat melamar pekerjaan. Tidak sedikit orang yang asal masukin email lamaran kerja, dengan harapan “siapa tahu masuk”.

Malah, ada juga yang mengirim surat lamaran ke Perusahaan A, tapi isi suratnya masih ke Perusahaan B. Ya tentu saja ditolak mentah-mentah lah! Karena itulah, tentukan bidang keahlian Anda. Dan cari perusahaan yang membutuhkan keahlian Anda.

Sekali lagi sesuai dengan bidang keahlian, bukan jurusan kuliah atau latar belakang pendidikan. Karena, dalam dunia kerja bidang keahlian atau skill itu mutlak lebih utama dari sekedar ijasah saja.

2. Cantumkan Posisi Pekerjaan yang Diinginkan
Tentu saja, jika sebuah perusahaan membuka lowongan maka mereka akan menentukan lowongan mana saja yang available atau tersedia.

Misal, perusahaan A membutuhkan programmer, marketing, dan administrasi. Jadi, saat Anda mengirim email/surat lamaran pastikan posisi pekerjaan yang Anda pilih itu jelas. Mau jadi programmer, atau marketing.

Jangan harap perusahaan akan membaca 100% resume/CV Anda dengan harapan akan menentukan posisi yang tepat buat Anda. Pihak HRD tidak akan sempat melakukan itu, jadi segera pastikan diawal lamaran posisi apa yang Anda inginkan.

3. Buat CV (Curriculum Vitae) yang Menarik
CV itu sangat penting, bisa dikatakan lebih penting dari surat lamaran itu sendiri. Karena CV ini mencerminkan diri Anda sendiri.

Jadi, dalam CV kita menuliskan semacam biodata diri, mulai dari riwayat pendidikan hingga skill apa yang dikuasai. Menuliskan riwayat pekerjaan juga menjadi nilai lebih, karena ini akan memberikan nilai positif dibidang experience.



Seteleh mendapatkan lowongan kerja yang sesuai dengan minat anda, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan


1. Kontak Perusahaan Dulu Bekerja. Jika kamu keluar dari perusahaan sebelumnya secara baik-baik rasanya tidak masalah jika kamu menghubungi salah seorang rekan di perusahaan tersebut dan mengutarakan niat untuk bisa bergabung kembali.

2. Gunakan koneksi keluarga. Jika kamu biasanya malas menghadiri acara keluarga atau arisan kini rajin-rajinlah datang. Siapa tahu di perusahaan tempat sepupu atau saudara lain bekerja ada lowongan sedang dibuka namun tidak diumumkan kepada publik.

3. Gunakan Relasi Komunitas. Aktif di kumunitas yang saat ini kamu geluti juga sangat berpengaruh karena kamu bisa bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang pekerjaan. Dari sini kamu bisa menciptakan jaringan kerja dan mendapatkan informasi bermanfaat.

4. Temui Kakak Kelas atau Alumni yang Berlatar Belakang Pendidikan Sama. Siapa tahu dari sekedar reuni dan bincang-bincang kamu bisa mendapatkan informasi pekerjaan yang sesuai dengan skill kamu.

5. Jangan Sungkan Bertemu Muka Dengan Pihak Pencari Kerja. Maksudnya di sini yaitu apabila kamu mendengar lowongan yang sedang dibuka pada perusahaan tempat seorang teman bekerja, jangan ragu meminta bantuannya untuk dipertemukan dengan pihak perusahaan tersebut untuk membuka jaringan kerja.

6. Surat Kabar. Cobalah untuk berlangganan surat kabar dan supaya lebih menghemat pengeluaran berlanggananlah surat kabar khusus hari sabtu dan minggu karena pada kedua hari tersebut banyak memuat iklan lowongan kerja dibandingkan hari-hari biasa.

7. Internet. Kamu bisa browsing di internet dan bergabung dengan situs-situs pencari kerja seperti jobloker.com

8. Kampus. Sering-seringlah mampir ke kampus karena tidak jarang perusahaan-perusahaan menempelkan publikasi penerimaan pegawai di sana.

9. Pilih Kesempatan Kerja yang Sesuai Keahlian. Dengan melakukan ini kemungkinan kamu dipanggil interview lebih besar. Pilih juga lowongan kerja terbaru yang membutuhkan tahap pemula atau fresh graduate.

10.Manfaatkan Social Media. Pastinya kamu punya akun Facebook kan? Nah kamu bisa update status sedang mencari pekerjaan supaya teman, saudara dan keluarga kamu yang lain bisa tahu kalau saat ini kamu butuh pekerjaan.

Referensi :
http://rocketmanajemen.com/kerja-online/
http://www.jobloker.co.id/id/artikel-dunia-kerja/51-10-tips-mendapatkan-pekerjaan-dengan-cepat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara promosi di blog gratis di agugus.com

Cara Belajar yang benar

Kumpulan Gambar Perlengkapan PMR