Budidaya Sengon atau Jabon


Kelebihan lain dari Jabon adalah kita tidak perlu merompes (memotong ranting), karena secara otomatis akan patah sendiri. Serat kayunya juga lebih halus dan warna putihnya menyegarkan. Batang pokok yang tegak lurus sempurna juga menjadi kelebihan Jabon.
Akan tetapi melebih-lebihkan Jabon dengan cara tidak jujur menginformasikan ke publik adalah dosa sosial yang tidak terampuni. Karena dengan cara Pedagang Jabon membual, bisa menyebabkan publik tertipu.
Fenomena Jabon itu sama persis ketika para Pedagang Jati mengkampanyekan soal Jati Emas, Jati Belanda dan tetek bengek Jati yang katanya bisa panen 5 tahun. Bagi pemain bisnis kayu informasi seperti ini membuat perut mules akibat kita tertawa terpingkal-pingkal. Jati emas benar bisa panen 5 tahun. Tapi ya itu tadi, diamternya kecil, masih muda sehingga harganya rendah.
Atau kalau kita akan menilik di dunia budidaya ikan, Jabon sebagai saudara kandung Jati itu seperti ketika booming ikan Koi. Saat itu orang sedang tekun-tekunnya fokus di jenis Nila dan Emas. Ehhh...tiba-tiba Koi menggejala dan menguasai diskusi publik. Orang kemudian berbondong-bondong ke Koi. Tapi setelah ternyata jeblog dari aspek bisnis akibat pasar yang terlalu kartel, maka petani Koi bertumbangan dan akhirnya mereka kembali ke jalan yang benar menjadi petani Nila dan Emas lagi.
Begitupun Jabon. Publik yang ingin masuk ke wilayah itu, rajinlah meriset Jabon. Lihatlah laboratoriumnya Korea di Bogor. Saya menyarankan ini karena dari segi profesionalitas Korea jelas di atas Indonesia. Atau sumber-sumber lain seperti Litbang Kehutanan Pusat dan Trubus.
Kesimpulannya, Jabon sebenarnya tidak berbeda dengan Sengon, dari aspek bisnis. Sengon bahkan lebih untung sedikit ketimbang Jabon. Makanya mengkampenyekan seolah Jabon adalah segala-galanya jelas perbuatan sesat, dan akan merugikan banyak pihak. Wallahu'alam. (Tamat)

*) Guntoro Soewarno, Pekebun Sengon tinggal di Purwakarta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara promosi di blog gratis di agugus.com

Kumpulan Gambar Perlengkapan PMR

bisnis online baru modal 10rb potensi jutaan